Penyakit Cacar Air

Cacar air umumnya diderita anak-anak di bawah usia 10 tahun. Namun, pada beberapa kasus, penyakit ini juga dapat diderita orang dewasa. Bahkan pada orang dewasa, gejalanya cenderung lebih berat dibandingkan penderita anak-anak.

Penyebab Cacar Air

Penyebab cacar air atau varicella simplex adalah virus varisela zoster. Virus ini dapat menular dengan mudah dan cepat. Penyakit ini disebarkan secara aeorogen atau melalui udara. Penularan cacar air bisa terjadi melalui:
1. Kontak langsung dengan penderita
2. Terkena cairan tubuh penderita melalui bersin atau batuk
3. Memegang barang yang sebelumnya kontak dengan penderita, seperti seprai atau baju kotor

Kapan harus mewaspadai cacar air? Waktu yang harus diwaspadai adalah 1-2 hari sebelum ruam merah muncul hingga 7 hari setelahnya atau hingga bintil benar-benar kering dan mengelupas.

Berikut adalah faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena cacar air:
1. Belum pernah kena cacar air
2. Belum mendapatkan vaksinasi cacar air, terutama ibu hamil
3. Berada dalam satu ruangan dengan penderita cacar air selama lebih dari 1 jam
4. Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah
5. Satu rumah dengan anak-anak berusia di bawah 10 tahun

Cacar ini nih yang paling sering ditemui. Meskipun, pada saat masih bayi kamu sudah diimunisasi vaksin cacar, tapi kamu masih memiliki kemungkinan untuk terserah cacar air, Quipperian. Namun, di antara jenis teman-temannya yang lain, cacar air adalah yang paling ringan dan mudah disembuhkan. Gejala dari cacar air adalah disertai dengan demam. Fase penyebaran virus cacar air paling tinggi terjadi ketika bintik-bintik di kulit sudah mengering. Maka dari itu, enggak heran deh kalau ada satu teman sekelas kita yang cacar, kemungkinan besar akan menular ke anak yang lain.

Penanganan Cacar Air
1. Minum banyak cairan sehingga tidak dehidrasi
2. Minum parasetamol/pengurang rasa sakit untuk membantu mengurangi sakit dan ketidaknyamanan pada tubuh
3. Memakai sarung tangan saat malam hari, supaya menghindari menggaruk bintik cacar
4. Potong kuku
5. Gunakan krim pendingin atau gel dari apotek
6. Tanyakan apotek untuk menggunakan obat antihistamin untuk membantu mengurangi rasa gatal
7. Mandi dengan air dingin dan menepuk untuk mengeringkan (jangan digosok)
8. Gunakan pakaian yang longgar

Jika ada keraguan mengenai diagnosis, cacar air dapat dikonfirmasi dengan tes laboratorium, termasuk tes darah atau sampel kultur dari cairan ruam.Dokter akan mendiagnosis cacar air berdasarkan ruam.

Vaksin cacar air direkomendasikan untuk:
1. Anak kecil
2. Remaja yang belum pernah divaksin
3. Orang dewasa yang belum pernah divaksin tetapi memiliki potensi tinggi tertular cacar air

Jika seseorang sudah pernah terkena cacar air sebelumnya maka vaksinasi tidak terlalu diperlukan. Orang tersebut memiliki kekebalan seumur hidup. Seseorang bisa terkena cacar air lebih dari sekali tetapi kasus ini jarang ditemukan. Namun apabila seseorang sudah mencapai umur diatas 60 tahun dan muncul ruam cacar air, ada baiknya untuk langsung berkonsultasi dengan dokter.

Punya Keluhan penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tlp/WA: 0811-6131-718

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 20223

Infeksi Saluran Pernapasan Akut

Infeksi saluran pernapasan akut adalah infeksi yang menyerang anggota organ pernapasan yang biasanya terjadi sampai kurang lebih dua minggu. Infeksi tersebut dapat menyerang hidung, telinga tengah, faring, laring, bronkhi, bronkhioli, dan paru-paru. Banyak diantara pasien yang terkena penyakit yang biasa disebut ISPA ini adalah anak-anak usia balita. Banyak kasus yang menyebabkan penderita sampai meninggal, sehingga ISPA selayaknya diwaspadai.

Seseorang bisa tertular infeksi saluran pernapasan akut ketika orang tersebut menghirup udara yang mengandung virus atau bakteri. Virus atau bakteri ini dikeluarkan oleh penderita infeksi saluran pernapasan melalui bersin atau ketika batuk.
Selain itu, cairan mengandung virus atau bakteri yang menempel pada permukaan benda bisa menular ke orang lain saat mereka menyentuhnya. Ini disebut sebagai penularan secara tidak langsung. Untuk menghindari penyebaran virus maupun bakteri, sebaiknya mencuci tangan secara teratur terutama setelah Anda melakukan aktivitas di tempat umum.

Berikut ini tanda-tanda infeksi pada saluran pernapasan:

1. Pernapasan tidak normal, terjadi mengi dan terdengar dengkuran
2. Denyut jantung tidak optimal, bisa melemah atau justru semakin cepat
3. Demam tinggi, bisa diketahui dengan cara yang sederhana dengan memegang kening
4. Menurunnya tingkat kesadaran, seperti mengigau terus menerus
5. Berkeringat tanpa melakukan aktivitas berat
6. Sakit kepala
7. Lemas
8. Kejang, merupakan gejala yang sudah berat, maka pasien harus segera mendapat pertolongan.

Infeksi saluran pernapasan akut sebenarnya merupakan jenis-jenis penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, dan riketsia. Beberapa ISPA menyerang saluran pernapasan atas, misalnya batuk, sakit telinga, dan faringitis (radang tenggorokan). Beberapa jenis lainnya menyerang saluran pernapasan bawah, misalnya bronkhitis, bronkhiolitis, dan pneumonia. Batuk pilek biasa mungkin memang bisa ditangani sendiri. Tetapi, bagi penderita balita, sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk mengantisipasi kemungkinan ISPA sejak dini.

Penyebab ISPA

Berikut ini adalah beberapa mikroorganisme penyebab munculnya ISPA yang sudah diketahui.

1. Adenovirus
Gangguan pernapasan seperti pilek, bronkitis, dan pneumonia bisa disebabkan oleh virus ini yang memiliki lebih dari 50 jenis.

2. Rhinovirus
Ini adalah jenis virus yang menyebabkan pilek. Tapi pada anak kecil dan orang dengan sistem kekebalan yang lemah, pilek biasa bisa berubah menjadi ISPA pada tahap yang serius.

3. Pneumokokus
Ini adalah jenis bakteri yang menyebabkan meningitis. Tapi bakteri ini bisa memicu gangguan pernapasan lain, seperti halnya pneumonia.

Sistem kekebalan tubuh seseorang sangat berpengaruh dalam melawan infeksi virus maupun bakteri terhadap tubuh manusia. Risiko seseorang mengalami infeksi akan meningkat ketika kekebalan tubuh lemah. Hal ini cenderung terjadi pada anak-anak dan orang yang lebih tua. Atau siapa pun yang memiliki penyakit atau kelainan dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

ISPA sendiri akan lebih mudah menjangkiti orang yang menderita penyakit jantung atau memiliki gangguan dengan paru-parunya. Perokok juga berisiko tinggi terkena infeksi saluran pernapasan akut dan cenderung lebih sulit untuk pulih dari kondisi ini.

Pengobatan yang Dilakukan pada ISPA

Belum ada obat yang efektif membunuh kebanyakan virus yang menyerang manusia. Pengobatan yang dilakukan biasanya hanya untuk meredakan gejala yang muncul akibat infeksi virus.

Apabila infeksi yang terjadi disebabkan oleh bakteri, serangkaian tes akan dilakukan untuk mengetahui jenis bakteri. Setelah itu, dokter bisa menentukan antibiotik yang paling tepat untuk membasmi bakteri penyebab infeksi.

Komplikasi yang terjadi akibat ISPA sangat serius dan bisa berakibat fatal atau mematikan jika dibiarkan. Komplikasi yang sering kali terjadi bersamaan dengan ISPA adalah gagal napas dan gagal jantung kongestif.

Punya Keluhan penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tlp/WA: 0811-6131-718

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 20223

Skin Tag

Skin Tag atau biasa disebut daging tumbuh adalah pertumbuhan kulit yang tidak biasa yang dapat muncul di bagian tubuh manapun.

Skin tag juga umum terjadi baik pada pria dan wanita.

Seringkali, skin tag tumbuh disekitar ketiak atau bagian punggung dekat leher.

Meskipun pertumbuhan skin tag ini bersifat jinak dan tidak menyebabkan rasa sakit, tapi mengganggu penampilan, terutama jika mereka tumbuh di wajah atau leher.

Skin tag ini bisa dihilangkan dengan tindakan kauterisasi (pembakaran) oleh dokter kulit.

Pernah melihat atau memiliki benjolan kecil yang terasa timbul di kulit? Kondisi tersebut dinamakan skin tag.

Skin tag dalam dunia medis disebut acrochordon, fibroepithelial polyp, cutaneous papilloma, merupakan pertumbuhan daging seperti tonjolan yang menggantung di kulit.

Skin tag terdiri dari serat kolagen longgar dan pembuluh darah yang dikelilingi oleh kulit. Kolagen adalah sejenis protein yang ditemukan di seluruh tubuh.

Benjolan kecil tersebut biasanya tumbuh di daerah leher, dada, punggung, ketiak, bawah payudara, kelopak mata, dan bagian selangkangan. Pada dasarnya di area tubuh dengan lipatan.

Sebagian besar ukuran skin tag kecil, di bawah dua milimeter. Saat dipegang, benjolan terasa lembut, halus, dan bulat. Bisa juga keriput dan asimetris. Warnanya bisa setara dengan warna kulit atau lebih gelap dari kulit di sekitarnya karena hiperpigmentasi.

Orang berusia di atas 50 tahun dan mereka yang kelebihan berat badan, rentan memiliki skin tag. Benjolan ini sering terjadi pada penderita diabetes. Ibu hamil juga berpotensi menghadirkan skin tag karena adanya perubahan hormon.

Beberapa faktor penyebab munculnya skin tag antara lain adanya gesekan kulit ke kulit yang terus berulang, kelebihan berat badan, dan sering mengenakan pakaian ketat.

Bagi yang kelebihan berat badan, menurunkan berat badan tidak akan membuat skin tag hilang. Hanya saja dapat membantu mengurangi risiko benjolan berkembang lebih banyak.

Pada umumnya, skin tag itu jinak dan tidak berbahaya. Secara medis, benjolan kecil tersebut tidak harus disingkirkan. Benjolan tersebut pun tak menimbulkan rasa sakit. Kecuali, jika pada kasus skin tag berdarah, gatal, atau berubah warna, segera hubungi dokter.

Skin tag bisa dihilangkan bila dirasa mengganggu, seperti jika posisinya sering tergesek kulit, pakaian, atau perhiasan yang dapat menyebabkan iritasi. Skin tag juga bisa lepas dengan sendirinya bila jaringannya bengkok dan mati karena kekurangan pasokan darah.

Dokter kulit dapat menghilangkan skin tag dengan memotongnya dengan pisau bedah atau gunting, dengan cryosurgery (membekukan dengan nitrogen cair), electrosurgery (membakarnya dengan frekuensi tinggi energi listrik), atau dengan cara ligation (melepaskan skin tag dengan benang bedah agar bisa memotong aliran darah).

Punya Keluhan penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tlp/WA: 0811-6131-718

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 20223

Penyakit Jengger Ayam Pada Wanita

Jengger Ayam atau dengan nama lain Kondiloma Akuminata merupakan kutil di dalam atau di sekeliling vagina, penis atau dubur, yang ditularkan melalui hubungan seksual. Kondiloma akuminata adalah vegetasi oleh Human Papiloma Virus tipe tertentu, bertangkai, dan permukaannya berjonjot. Tipe HPV tertentu mempunyai potensi onkogenik yang tinggi, yaitu tipe 16 dan 18. tipe ini merupakan jenis virus yang paling sering dijumpai pada kanker serviks. Sedangkan tipe 6 dan 11 lebih sering dijumpai pada kondiloma akuminata dan neoplasia intraepitelial serviks derajat ringan.

Kutil genitalis sering ditemukan dan menyebabkan kecemasan karena:
1. Tidak enak dilihat,
2. Bisa terinfeksi bakteri
3. Bisa merupakan petunjuk adanya gangguan sistem kekebalan.

PENYEBAB KUTIL KELAMIN
Penyebab penyakit ini adalah virus papilloma.Pada wanita, virus papiloma tipe 16 dan 18, yang menyerang leher rahim tetapi tidak menyebabkan kutil pada alat kelamin luar dan bisa menyebabkan kanker leher rahim. Virus tipe ini dan virus papiloma lainnya bisa menyebabkan tumor intra-epitel pada leher rahim (ditunjukkan dengan hasil Pap-smear yang abnormal) atau kanker pada vagina, vulva, dubur, penis,mulut, tenggorokan atau kerongkongan.

GEJALA KUTIL KELAMIN
Kutil genitalis paling sering tumbuh di permukaan tubuh yang hangat dan lembap. Pada pria, area yang sering terkena adalah ujung dan batang penis dan dibawah kulit depannya (jika tidak disunat). Pada wanita, kutil timbul di vulva, dinding vagina, leher rahim (serviks) dan kulit di sekeliling vagina. Kutil genitalis juga bisa terjadi di daerah sekeliling anus dan rektum, terutama pada pria homoseksual dan wanita yang melakukan hubungan seksual melalui dubur.

Jengger Ayam biasanya muncul dalam waktu 1-6 bulan setelah terinfeksi, dimulai sebagai pembengkakan kecil yang lembut, lembap, berwarna merah atau pink. Mereka tumbuh dengan cepat dan bisa memiliki tangkai. Pada suatu daerah seringkali tumbuh beberapa kutil dan permukaannya yang kasar memberikan gambaran seperti bunga kol (blumkol).

Pada wanita hamil, pada gangguan sistem kekebalan (penderita AIDS atau pengobatan dengan obat yang menekan sistem kekebalan) dan pada orang yang kulitnya meradang, pertumbuhan kutil ini sangat cepat.

DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik. Kutil yang menetap bisa diangkat melalui pembedahan dan diperiksa dibawah mikroskop untuk meyakinkan bahwa itu bukan merupakan suatu keganasan. Wanita yang memiliki kutil di leher rahimnya, harus menjalani pemeriksaan Pap-smear secara rutin.

Tanda-Tanda Kutil Kelamin:

1. Tumbuhnya Daging Kecil-kecil di Daerah Genital
2. Pembengkakan Berwarna Abu-abu di Daerah Genital
3. Kelompok Kutil Kelamin Tumbuh Seperti Kembang Kol
4. Rasa Tidak Nyaman atau Gatal Di Area Genital
5. Pendarahan Selama atau Setelah Berhubungan Badan

Hal yang di sebutkan di atas adalah gejala umum kutil kelamin, Gejala ini juga bisa bermacam variasi dari satu orang ke orang lainnya, bahkan ada orang yang tidak mengalami gejal sama sekali, Namun menderita penyakit kutil kelamin, Yang paling mengkhawatirkan yang perlu anda ketahui Bahwa virus yang menyebabkan penyakit ini bisa sangat lama berada di dalam tubuh penderitanya, Penyakit ini juga bisa di tularkan kepada orang yang tidak memiliki riwayat penyakit sekalipun, Yang paling menyusahkan karena terkadang penderita juga tidak mengalami gejala, Sehingga sulit untuk di deteksi apakah ini penyakit kutil kelamin atau bukan.

Perlu juga anda ketahui bahwa meskipun penyakit kutil kelamin ini, Umumnya tumbuh di daerah genital tapi juga bisa tumbuh di Anus, Bibir, Mulut dan Tenggorokan atau bagian tubuh yang memiliki kelembaban,

Cara Penularanya dapat terjadi jika seseorang kontak langsung dengan Penderita Terinfeksi, Setelah anda mengalami gejala di atas, Cara yang terbaik adalah segera memeriksakan diri ke dokter, Untuk dapat diagnosa yang tepat dan mendiskusikan pengobatan yang tepat untuk diri anda, Kembali lagi ingatkan bahwa pengobatan penyakit ini belum tentu menjamin kesembuhan dan menghilangkan virus yang sudah masuk dalam diri anda dan sampai dipicu untuk berkembang kembali di tubuh anda, Hal itu dapat terjadi jika anda tidak menjaga kebersihan diri anda sendiri, Oleh karena itu Pengobatan harus di sertai dengan keasadaran diri anda, dan mengindari kebiasan seksual yang salah atau tidak sehat.

PENGOBATAN KUTIL KELAMIN
Kutil pada alat kelamin luar bisa diangkat melalui laser, krioterapi (pembekuan) atau pembedahan dengan bius lokal. Pengobatan kimiawi, seperti podofilum resin atau racun yang dimurnikan atau asam trikloroasetat, bisa dioleskan langsung pada kutil. Tetapi pengobatan ini memerlukan waktu beberapa minggu sampai beberapa bulan, bisa melukai kulit di sekelilingnya dan sering gatal.

Kutil di uretra bisa diobati dengan obat anti kanker seperti tiotepa atau florourasil. Pilihan lainnya adalah pengangkatan kutil dari uretra melalui pembedahan endoskopik. Kutil genitalis sering kambuh dan memerlukan pengobatan ulang. Pada pria yang belum disunat, kekambuhan bisa dicegah dengan menjalani penyunatan.

Cara Mengobati Kutil Kelamin
Penyakit kutil kelamin mudah dihilangkan jika masih kecil dan belum menyebar luas Namun akan lebih sulit jika di biarkan dan sudah banyak, Penyakit kutil kelamin Sebaiknya Di hilangkan dengan pengobatan kutil kelamin atau obat virus HPV

Punya Keluhan penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tlp/WA: 0811-6131-718

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 20223

Penyakit Herpes Simpleks Virus HSV

Virus Herpes Simpleks adalah virus DNA yang dapat menyebabkan infeksi akut pada kulit yang ditandai dengan adanya vesikel yang berkelompok di atas kulit yang sembab, ada 2 tipe virus herpes simpleks yang sering menginfeksi yaitu : – HSV-Tipe I (Herpes Simplex Virus Type I) – HSV-Tipe II (Herpes Simplex Virus Type II)

HSV-Tipe I biasanya menginfeksi daerah mulut dan wajah (Oral Herpes), sedangkan HSV-Tipe II biasanya menginfeksi daerah genital dan sekitar anus (Genital Herpes). HSV-1 menyebabkan munculnya gelembung berisi cairan yang terasa nyeri pada mukosa mulut, wajah, dan sekitar mata. HSV-2 atau herpes genital ditularkan melalui hubungan seksual dan menyebakan gelembung berisi cairan yang terasa nyeri pada membran mukosa alat kelamin.

Infeksi pada vagina terlihat seperti bercak dengan luka. Pada pasien mungkin muncul iritasi, penurunan kesadaran yang disertai pusing, dan kekuningan pada kulit (jaundice) dan kesulitan bernapas atau kejang. Lesi biasanya hilang dalam 2 minggu. infeksi. Episode pertama (infeksi pertama) dari infeksi HSV adalah yang paling berat dan dimulai setelah masa inkubasi 4-6 hari. Gelala yang timbul, meliputi nyeri, inflamasi dan kemerahan pada kulit (eritema) dan diikuti dengan pembentukan gelembung-gelembung yang berisi cairan. Cairan bening tersebut selanjutnya dapat berkembang menjadi nanah, diikuti dengan pembentukan keropeng atau kerak (scab).

Penyebab herpes simpleks adalah virus yang ditularkan melalui mulut, kulit, dan kelamin.
Herpes simpleks disebabkan oleh virus herpes simpleks, yaitu HSV-1 dan HSV-2. Kedua jenis virus ini sangat mudah menular. HSV dapat menular dan masuk ke dalam tubuh melalui berbagai membran mukosa, seperti mulut, kulit, dan kelamin.

Virus ini seringkali menetap di tubuh manusia dan suatu saat bisa aktif lagi. Saat virus ini aktif, gejala-gejala herpes simpleks akan kembali muncul. Virus ini bisa kambuh antara empat sampai lima kali pada dua tahun pertama sejak terinfeksi. Ketika pertama kali terinfeksi, tubuh akan menghasilkan antibodi untuk melawan infeksi. Hal itu membuat tubuh bisa mengenali virus dan menyusun kekuatan yang dibutuhkan untuk melawan HSV secara lebih efektif. Oleh karena itu, infeksi atau gejala kambuhan yang terjadi tidak akan separah infeksi pertama.

Frekuensinya akan berkurang dan gejalanya akan lebih cepat hilang. Penularan herpes simpleks dapat terjadi melalui kontak langsung dari orang yang terinfeksi. Saat HSV ada di permukaan kulit orang yang terinfeksi, ia dapat dengan mudah diteruskan ke orang lain melalui bagian yang lembap dari dinding kulit yang melapisi mulut, anus, dan alat kelamin. Virus ini juga dapat menyebar ke individu lain melalui area kulit lainnya, begitu juga dengan mata. Namun demikian, seseorang tidak dapat terinfeksi HSV dengan hanya menyentuh benda, seperti handuk, alat makan, dan sikat gigi, kecuali dengan alat bantu seksual yang dipakai oleh penderita herpes. Hal ini karena virus tidak akan mampu bertahan lama jika terlepas dari kulit.

Infeksi dapat terjadi dengan cara berikut.
1. Melakukan hubungan seksual tanpa kondom.
2. Melakukan seks oral dengan orang yang mengalami luka dingin.
3. Berbagi mainan seks.
4. Melakukan kontak kelamin dengan orang yang terinfeksi HSV.

Gejala Herpes Simpleks bisa dengan infeksi primer dan gejala infeksi berulang. Pada beberapa kasus bahkan tidak mengalami tanda-tanda terinfeksi.
Virus HSV terkadang tidak menunjukkan gejala. Kebanyakan orang tidak mengalami gejala selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun setelah terinfeksi. Akibatnya, mereka tidak tahu bahwa dirinya telah terinfeksi virus herpes. Gejala-gejala herpes simpleks yang dapat muncul terbagi menjadi dua, yaitu gejala infeksi primer yang terjadi saat seseorang pertama kali terinfeksi dan gejala infeksi berulang.

Gejala infeksi primer
1. Luka lepuh dan nanah di area genital luar, vagina, atau leher rahim.
2. Sakit dan gatal.
3. Pembesaran kelenjar getah bening.
4. Sakit saat buang air kecil.
5. Malaise (merasa tidak sehat).
6. Dingin di sekitar mulut.

Gejala infeksi berulang Gejala ini tidak berlangsung lama seperti pada tahap infeksi primer. Biasanya berlangsung tidak lebih dari sepuluh hari.

1. Terbakar atau kesemutan di sekitar alat kelamin sebelum luka muncul.
2. Dingin di sekitar mulut.
3. Luka yang memerah
4. Wanita mungkin mengalami luka lepuh dan nanah di area serviks.

Pengobatan herpes simpleks dapat dilakukan dengan pengobatan mandiri di rumah untuk membantu meredakan gejala yang muncul.

Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:
1. Mandi dengan air garam
2. Berendam dalam bak mandi yang hangat
3. Bersihkan luka agar tidak menjadi infeksi dengan air biasa atau garam
4. Tutup luka dengan es batu yang dibalut dengan kain
5. Hindari penggunaan pakaian ketat di sekitar area yang terkena herpes
6. Cuci tangan, terutama setelah menyentuh area yang terkena
7. Oleskan krim pereda rasa sakit pada luka lepuh
8. Menahan diri dari aktivitas seksual sampai gejala hilang
9. Perbanyak minum air mineral
10. Konsumsi obat pereda rasa sakit

Punya Keluhan penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tlp/WA: 0811-6131-718

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 20223

Penyakit Ambeien

Wasir atau ambeien adalah sebuah penyakit yang dialami seseorang disebabkan oleh pembengkakan pada pembuluh darah yang terdapat di bagian bawah anus (poros anus), baik itu bagian dalam maupun bagian dalam dubur. Bentuk dari penyakit ini sekilas dilihat dari kaset mata mirip dengan bisul yang memiliki warna merah kebiruan. Penyakit wasir atau ambeien ini dipicu oleh kurangnya seseorang mengkonsumsi makanan yang berserat. Selain itu, ambeien ini juga dengan melakukan olaharaga ringan secara teratur bisa membantu proses penyembuhan. Penyakit wasir kebanyakan menyerang para wanita dibanding pria.

Hal ini dikarenakan wanita sering mengalami pelebaran pembuluh balik, misalnya disaat menstruasi atau kehamilan. Namun secara teori, wasir adalah suatu pembengkakan disekitar anus yang membuat penderita tidak nyaman saat duduk, feses berdarah tapi tidak terasa sakit, sering merasa ingin BAB tapi tidak keluar juga, atau terasa sesuatu mengganjal disekitar anus.
Diagnosis Penyakit Wasir

Wasir atau hemoroid bisa dengan mudah di diagnosis oleh dokter dengan memeriksa bagian belakang tubuh Anda untuk mencari pembengkakan pembuluh darah.

Diagnosis Penyakit Wasir

Jika terdapat wasir, dokter akan memeriksa lokasi, ukuran, dan mengusulkan rencana pengobatan berdasarkan tingkat keparahan wasir atau hemoroid yang diderita.

Dokter bisa mengevaluasi gejala yang terjadi untuk mengetahui kemungkinan masalah yang lebih serius. Beberapa kondisi yang memengaruhi anus dan usus besar bisa menyebabkan pendarahan, gatal-gatal, dan rasa tidak nyaman. Banyak orang yang mengalami gejala ini mengira menderita wasir, padahal sebenarnya tidak.

Beberapa orang merasa enggan untuk menemui dokter. Anda tidak perlu merasa malu, semua dokter sudah terbiasa dalam menangani penyakit umum ini. Anda hanya perlu menceritakan gejala dan sakit yang Anda rasakan. Misalnya Anda mengalami penurunan berat badan, perubahan pola buang air besar, atau jika kotoran menjadi berwarna gelap dan lengket.

Obat Alami Penyakit Wasir Ambien

Dalam sebagian besar kasus, wasir adalah masalah sementara yang bisa sembuh sendiri meski tidak diobati. Akan tetapi, Anda bisa mengupayakan beberapa perubahan gaya hidup serta obat rumahan untuk secara drastis mengurangi ketidaknyamanan dan gatal yang Anda rasakan. Berikut adalah beberapa cara mengobati ambeien secara alami.

1.Cuka Apel
Untuk cara mengobati wasir, salah satu yang terbaik adalah dengan menggunakan cuka apel. Kemampuan astringent di dalamnya membantu mengecilkan pembuluh darah yang membesar serta memberikan kelegaan dari pembengkakan dan iritasi.

Cuka apel dapat digunakan dalam cara mengobati ambeien jenis internal maupun eksternal. Namun pastikan Anda selalu gunakan cuka apel yang jenis raw dan unfiltered untuk hasil terbaik.

Dalam sebagian besar kasus, wasir adalah masalah sementara yang bisa sembuh sendiri meski tidak diobati. Akan tetapi, Anda bisa mengupayakan beberapa perubahan gaya hidup serta obat rumahan untuk secara drastis mengurangi ketidaknyamanan dan gatal yang Anda rasakan. Berikut adalah beberapa cara mengobati ambeien secara alami.

2. Kantong Es
Untuk mengobati bengkak dan nyeri akibat gumpalan wasir, persiapkanlah kantong berisi es-es batu.

Suhu dingin dari kantong es akan membantu menyempitkan pembuluh darah yang melebar serta mengurangi peradangan. Selain itu juga membantu meredakan rasa sakit. Berikut cara mengobati ambeien dengan kantong es.

– Taruh beberapa es batu di atas handuk tipis, lalu bungkus.
– Oleskan bungkusan es itu ke area anus selama 5 – 10 menit.
– Lakukan ini beberapa kali sehari.
Catatan: Jangan langsung tempelkan es batu ke kulit.

3. Lada Hitam
Meskipun kedengarannya aneh, tapi rupanya menggunaka lada hitam adalah cara mengobati wasir yang cukup ampuh.

Kemampuan analgesik dan anti-peradangan yang dimilikinya membantu mengurangi gejala-gejala serta langsung memberikan kelegaan dari masalah ini. Lada hitam juga efektif untuk menyembuhkan ambeien yang parah dan bahkan sudah berdarah.

Cobalah konsumsi 5 – 6 lada hitam setiap pagi dan sore hari saat perut kosong, dan terus lakukan sampai wasir sudah sembuh total.

Catatan: Jika lada hitam malah menyebabkan masalah pencernaan, hentikanlah penggunaannya. Juga, jangan konsumsi lada hitam dalam jangka waktu lama.

4. Minyak Kelapa
Kemampuan anti-peradangan dan penyembuhan dari minyak kelapa membuatnya berkhasiat untuk mengobati ambeien internal maupun eksternal.

Minyak ini membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan. Juga mengecilkan pembuluh darah yang membesar di area anus, sehingga dapat mempercepat proses penyembuhannya. Berikut cara mengobati ambeien dengan minyak kelapa.

Konsumsilah 1 – 2 sdt minyak kelapa ekstra virgin setiap hari.
Selain itu, simpanlah sebotol kecil minyak kelapa di kamar mandi, lalu oleskan sedikit ke area wasir setiap kali selesai BAB.

Solusi Yang Tepat Untuk Obat Wasir Atau Ambien
Bagaimana mengobati Wasir Dan Ambeien itu sendiri. Obat Wasir Ambien yang terbaik untuk Ambeien adalah dari luar dan dalam sehingga Ambeien benar-benar tuntas dan tidak akan kambuh lagi.

Punya Keluhan penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tlp/WA: 0811-6131-718

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 20223

Penyakit Jengger Ayam

Penyakit Jengger Ayam / Kutil Kelamin adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh “Human Papilloma Virus (HPV)”. Kutil kelamin berbentuk datar atau menonjol dengan tangkai seperti kembang kol, biasanya tumbuh pada alat kelamin dan daerah sekitar dubur. Virus HPV penyebab kutil terdiri dari beberapa subtipe. Beberapa subtipe lebih sulit diberantas daripada yang lain dan ada pula yang berhubungan dengan perkembangan lesi serviks dan kanker alat kelamin. Penyakit ini terutama mempengaruhi anak muda berusia 20-an.

Penyakit jengger ayam ini bisa sembuh dengan sendirinya sebenarnya asal Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik dengan makanan yang sehat, olahraga dan pastinya menjaga kebersihan daerah vital serta tetap kering. Untuk pengobatan bisa dengan pemberian obat anti-kutil dan pemberian vaksin kepada wanita dan pria. Dengan melakukan tindakan pencegahan penyakit jengger ayam pun akan lebih baik lagi. Terlebih kalau virus HPV ini sudah menginfeksi maka akan sangat sulit memberantasnya. Pada saat pengobatan belum tentu sepenuhnya virus ini hilang sehingga kemungkinan timbul lagi bisa terjadi.

Gejala Penyakit Jengger Ayam

Jengger ayam genitalis paling sering tumbuh di permukaan tubuh yang hangat dan lembap. Pada pria, area yang sering terkena adalah ujung dan batang penis dan dibawah kulit depannya ( jika tidak disunat ). Pada wanita, jengger ayam timbul di vulva, dinding vagina, leher rahim ( serviks ) dan kulit di sekeliling vagina. Jengger ayam genitalis juga bisa terjadi di daerah sekeliling anus dan rektum, terutama pada pria homoseksual dan wanita yang melakukan hubungan seksual melalui dubur.

Jengger Ayam Pada Kelamin Pria dan Wanita

Jengger ayam biasanya muncul dalam waktu 1-6 bulan setelah terinfeksi, dimulai sebagai pembengkakan kecil yang lembut, lembap, berwarna merah atau pink. Mereka tumbuh dengan cepat dan bisa memiliki tangkai. Pada suatu daerah seringkali tumbuh beberapa jengger ayam dan permukaannya yang kasar memberikan gambaran seperti bunga kol ( blumkol ).

Pada wanita hamil, pada gangguan sistem kekebalan ( penderita AIDS atau pengobatan dengan obat yang menekan sistem kekebalan ) dan pada orang yang kulitnya meradang, pertumbuhan jengger ayam ini sangat cepat.

Jengger Ayam sering ditemukan dan menyebabkan kecemasan karena:
1. Tidak enak dilihat,
2. Bisa terinfeksi bakteri
3. Bisa merupakan petunjuk adanya gangguan sistem kekebalan.

Ciri-ciri Penyakit Jengger Ayam :
1. Gatal dibagian kelamin dan sering mengalami pendarahan saat berhubungan sexsual
2. Adanya bintik-bintik kutil di bagian kelamin
3. Genital yang membengkak dan berwarna keabu-abuan

Tips Menjaga tubuh Agar Terhindar dari Penyakit Jengger Ayam :
1. Kita Harus Menyayangi tubuh kita artinya tidur istirahat dengan cukup, hindari narkoba, jangan suka bergonta-ganti pasangan dll
2. Olahraga dengan teratur agar tubuh tetap bugar
3. Makan-makanan yang bergizi dan perbanyak buah serta sayuran
4. Perbanyak pengetahuan sobat mengenai penyakit ini dan sebar luaskan supaya kita semua dapat mengurangi penyebaran penyakit ini.
5. Jaga kebersihan di area seperti Selangkangan, Celana dalam dll

Pengobatan Jengger Ayam Secara Kedokteran

Jengger ayam pada alat kelamin luar bisa diangkat melalui laser, krioterapi ( pembekuan ) atau pembedahan dengan bius lokal. Pengobatan kimiawi, seperti podofilum resin atau racun yang dimurnikan atau asam trikloroasetat, bisa dioleskan langsung pada kutil. Tetapi pengobatan ini memerlukan waktu beberapa minggu sampai beberapa bulan, bisa melukai kulit di sekelilingnya dan sering gatal.

Jengger ayam di uretra bisa diobati dengan obat anti kanker seperti tiotepa atau florourasil. Pilihan lainnya adalah pengangkatan kutil dari uretra melalui pembedahan endoskopik. Jengger ayam genitalis sering kambuh dan memerlukan pengobatan ulang. Pada pria yang belum disunat, kekambuhan bisa dicegah dengan menjalani penyunatan

Berikut ini rincian prosedur pengobatan kutil kelamin secara medis :

1. Cryotherapy
Jenis pembedahan ini dilakukan untuk membekukan kutil/jengger ayam dengan menggunakan nitrogen cair. Namun, hal ini dapat menyebabkan area di sekitar kulit Anda melepuh.

2. Elektrokauter
Prosedur ini menggunakan arus listrik untuk membakar jengger ayam

3. Eksisi Bedah
Jenis pembedahan ini dilakukan untuk memotong kutil/jengger ayam yang ada pada organ intim Anda. Ketika Anda melakukan pembedahan ini, Anda memerlukan anestasi lokal.

4. Terapi Laser
Dokter menggunakan balok intens cahaya dan biasanya jenis pengobatan ini dilakukan ketika ukuran kutil atau jengger ayam Anda sudah sangat besar dan sulit untuk diobati.

Cara Mengobati Kutil Kelamin
Penyakit kutil kelamin mudah dihilangkan jika masih kecil dan belum menyebar luas Namun akan lebih sulit jika di biarkan dan sudah banyak, Penyakit kutil kelamin Sebaiknya Di hilangkan dengan pengobatan kutil kelamin atau obat virus HPV

Punya Keluhan penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tlp/WA: 0811-6131-718

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 20223

Mencegah Keputihan Berbau

Seorang wanita pastilah sangat tidak penasaran lagi dengan yang namanya keputihan, khususnya bagi yang sudah haid. Karena penyakit keputihan sendiri itu sebagai tanda kesuburan seorang wanita. Namun tahukah anda bahwa penyakit keputihan dapat menyebabkan berbagai penyakit kelamin jika kurang tepat ataupun lambat dalam penangananya, berikut dibawah ini saya akan paparkan sedikit penjelasan mengenai penyakit keputihan dan mencegah keputihan berbau penyembuhannya.

Taukah Anda Tentang Keputihan ?
Penyakit keputihan sebenarnya adalah hal yang wajar yang terdapat pada wanita ketika masa-masa haid atau menyusui atau dalam kehamilan, hal itu juga dapat menjadi tanda bagi wanita yang subur dan sehat. Namun taukah anda bahwa penyakit keputihanpun ada yang menandakan sehat namun ada yang tidak sehat, berikut klasifikasi tentang penyakit keputihan normal dan tidak normal.

Menangani Keputihan Tidak Normal
Keputihan yang normal sebenarnya tidak memerlukan penanganan khusus. Yang perlu dijaga adalah agar keputihan tidak berubah menjadi tidak normal.
Perubahan ini dapat disebabkan beberapa hal seperti: infeksi vaginosis bakterial, penggunaan antibiotik, infeksi penyakit menular seksual seperti klamidia, kanker serviks, penggunaan pil kontrasepsi, infeksi parasit trikomoniasis, ataupun infeksi jamur. Tanda dari keputihan yang tidak normal adalah perubahan warna dan konsistensi, adanya bau, dan adanya gatal atau nyeri.

Penanganan yang dapat dilakukan secara mandiri seperti:
1. Kompres dingin untuk meredakan gatal dan pembengkakan
2. Konsumsi yoghurt bila Anda sedang dalam pengobatan antibiotik agar menurunkan risiko terkena infeksi jamur.
3. Gunakan krim atau gel antijamur jika memang keputihan disebabkan infeksi jamur.
4. Gunakan kondom atau tunda hubungan seksual hingga sepekan setelah pengobatan.
5. Bila keputihan yang tidak normal berlangsung lebih dari seminggu setelah pengobatan mandiri, periksakan diri Anda ke dokter.

Tanda-tanda keputihan yang berbahaya antara lain: timbul bau yang menyengat, gatal dan kemerahan pada vagina dan area sekitarnya, pendarahan atau bercak di luar masa menstruasi, keputihan berubah warna menjadi hijau atau kuning, keputihan menjadi tebal atau lengket.

Pencegahan Keputihan

Untuk menghindari terjadinya keputihan yang tidak normal, berikut beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan:

1. Jaga agar vagina tetap kering dan tidak lembap dengan selalu mengeringkannya setelah buang air kecil
2. Menjaga agar vagina tetap kering
3. Menggunakan celana yang tidak terlalu ketat
4. Tidak terlalu sering menggunakan stoking
5. Kenakan celana dalam berbahan katun, bukan sintetis. Celana dalam katun memungkinkan lebih banyak udara ke vagina dan mencegah lembap
6. Tidak mengenakan celana dalam saat tidur di malam hari
7. Basuh kemaluan dari depan ke belakang setelah buang air kecil bukan sebaliknya

Vagina sebenarnya adalah organ yang dapat membersihkan diri sendiri. Menggunakan cairan pembersih vagina justru berisiko merusak keseimbangan alami bakteri dan jamur di dalamnya. Ketidakseimbangan ini akan memicu vaginosis bakterial. Untuk membersihkan vagina, gunakan air hangat dan sabun yang tidak beraroma kuat. Namun sebisa mungkin, hanya gunakan air saja. Hindari penggunaan parfum, bedak pada vagina. Penggunaan parfum dan sabun dapat menyebabkan nyeri pada vagina dan keluarnya cairan vagina yang tidak normal. Selain itu hindari penggunaan bahan-bahan berikut yang dapat membuat iritasi dan menyebabkan keluarnya cairan tidak normal dari vagina.

Mari saya akan berikan solusi alternatifnya untuk mencegah keputihan berbau, tidak hanya untuk menangani penyakit keputihan, namun juga untuk perawatan miss v anda yang kendur dan kurang kencang.

Punya Keluhan penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tlp/WA: 0811-6131-718

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 20223

Hipogonadisme

Hipogonadisme adalah gangguan testis pada pria dimana testis tidak dapat memproduksi hormon testosteron yang memadai serta memiliki kadar testosteron yang terlalu rendah itu menyebabkan berbagai masalah, termasuk:

1. Penurunan gairah seks
2. Massa otot berkurang
3. Jumlah sperma rendah (mengurangi kesuburan)
4. Hilangnya rambut tubuh

Ada dua jenis hipogonadisme yaitu primer dan sekunder. Kondisi ini dapat melibatkan masalah pada kelenjar pituitari itu tidak langsung Mempengaruhi produksi testosteron.

Penyebab Hipogonadisme

Kondisi bisa disebabkan oleh banyak hal seperti:

1. Penuaan
Cacat pada hipofisis dan atau hipotalamus, seperti tumor hipofisis dan kadar prolaktin yang tinggi (terlalu banyak hormon menyebabkan penurunan kadar testosteron)

2. Pengobatan
Kondisi testis seperti cedera parah, dan radiasi atau kemoterapi, semua bisa menguras kadar testosteron. Testis memainkan peran penting tidak hanya dalam sistem reproduksi laki-laki, tetapi dalam sistem endokrin juga. Pelepasan hormon testosteron terintegrasi untuk perkembangan yang sehat dari karakteristik fisik laki-laki.

Hipogonadisme (atau sindrom defisiensi) testoteron yang bisa berdampak pada kesehatan pria diketahui pada akhirnya dapat mempengaruhi kualitas hidupnya.

Hipogonadisme merupakan kondisi di mana adalah suatu gejala klinis di mana seorang pria mengalami kekurangan testosterone akibat testis gagal memproduksi testosteron fisiologis. Kondisi tersebut banyak tidak disadari oleh pria karena masih kurangnya informasi terkait kesehatan pria.

Kita perlu mengetahui apa saja gejala-gejala yang dialami jika seorang pria terkena hipogonadisme (atau defiensi testoterone), yaitu, penurunan libido, disfungsi ereksi, mudah letih, sulit berkonsentrasi, daya tahan menurun, bertambah gemuk, gangguan perasaaan, dan mikropenis pada anak laki-laki.

Disarankan jika mengalami gejala demikian, sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter terkait dan laksanakan testosteron undekanoat.

Apabila mengalami gejala hipogonadisme seperti penurunan libido dan disfungsi ereksi dapat diterapi dengan testosteron undekanoat dan jika terjadi disfungsi ereksi maka Verdenafil juga dapat dipergunakan sebagai terapi tambahan.

Kedua obat tersebut bekerja sinergis dalam mengatasi masalah kesehatan pria dan tentunya telah terbukti menolong banyak pria untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik.

Di anjurkan untuk tidak minum obat penguat libido karena akan membahayakan kesehatan.

Sebaiknya jangan pernah mengambil jalan pintas dengan mengonsumsi obat kuat bila mengalami hipogonadisme dan gejalanya seperti disfungsi ereksi. Kita harus tahu akar permasalahannya sehingga pengobatan dapat efektif dan kualitas hidup dapat diperbaiki.

Punya Keluhan penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tlp/WA: 0811-6131-718

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 20223

Cara Mengobati Gonore

Penyakit yang biasa disebut dengan kencing nanah ini sudah mulai kebal dengan obat. Sekarang gonore atau penyakit menular seksual (PMS) hal yang umum terjadi. Tetapi ketika gagal ditangani dengan baik dapat menyebabkan komplikasi pada alat reproduksi. Jika infeksi gonore tidak ditangani tepat waktu, penyakit ini dapat menyebabkan kemandulan pada wanita maupun pria. Lebih jauh lagi, bila infeksi telah menyebar ke aliran darah, maka penderitanya bisa mengalami artritis, kerusakan katup jantung, atau pembengkakan pada lapisan otak atau sumsum tulang belakang.

Apakah Anda Mengalami Gejala Gejala Kencing Nanah Gonore Seperti Ini :

1. Sensasi panas / terbakar / perih saat buang air kecil
2. Kadang kadang keluar cairan bening seperti nanah
3. Keinginan untuk sering buang air kecil, tetapi dalam jumlah kecil
4. Bau urine yang tidak sedap dan agak menyengat
5. Urine berwarna keruh atau gelap dan kadang-kadang kencing berdarah
6. Alat kelamin agak sedikit bengkak.

Apa Itu Penyakit Kencing Nanah ??

Penyakit kencing nanah ( Gonore ) merupakan salah satu Penyakit Menular Seksual (PMS) yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus.

Bakteri ini dapat menular dengan cepat apabila ada kontak langsung dengan penderita baik pria maupun wanita, paling banyak menular melalui hubungan intim.

Kencing nanah atau gonore tidak hanya menyerang pasangan pria dan wanita, bisa juga menularkan dari orang yang sering melakukan “hubungan seks” sesama jenis, dan tukar menukar alat bantu hubungan.

Penyebab Dan Penularan Penyakit Kencing Nanah

Gonore atau kencing nanah adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Penyebaran infeksi ini paling umum adalah melalui hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi. Hubungan seksual ini bisa berbentuk seks vagina, anal, maupun oral.

Seperti di sebutkan sebelumnya, penularan kencing nanah atau gonore paling banyak terjadi akibat aktivitas seksual yang tidak sehat, yaitu dengan berganti-ganti pasangan tanpa menggunakan pengaman atau kondom, tidak menjaga kebersihan alat kelamin, menggunakan alat bantu seks secara bersama-sama.

Ciri Ciri Penyakit Kencing Nanah Serta Gejala Gejala Yang Dialami :

Berikut ini adalah daftar tanda dan gejala dari penyakit infeksi menular seksual :

1. Rasa gatal di sekitar miss v dan keluarnya cairan atau kotoran dari miss v pada wanita.
2. Keluarnya cairan atau kotoran dari alat kelamin pada laki-laki.
3. Nyeri selama hubungan seksual atau pada saat buang air kecil.
4. Kerongkongan terasa sakit atau ada luka kerongkongan pada orang-orang dengan hubungan oral.
5. Nyeri pada daerah sekitar anus pada orang-orang dengan berhubungan anus.
6. Alat kelamin menjadi agak menjadi bengkak
7. Kadang buang air kecil mengeluarkan darah
8. Kadang kadang terasa demam.

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Kencing Nanah (Gonore) ?

1. Berhenti melakukan kontak seksual dengan seseorang yang telah positif dinyatakan memiliki keluhan penyakit sipilis atau raja singa
2. Memiliki satu pasangan hidup dan berusahalah untuk tetap setia, jangan sampai bergonta-ganti pasangan, terlebih lagi melakukan hubungan seksual.
3. Membicarakan secara terbuka mengenai riwayat penyakit kelamin yang dialami dengan pasangan, untuk mencari solusi dan jalan keluar penyembuhannya.
4. Meningkatkan daya tahan tubuh
5. Hindari dan jangan pernah melakukan hubungan seks bebas, karena kerugian dan dampak buruknya akan menimpa anda sendiri.

Punya Keluhan penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tlp/WA: 0811-6131-718

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 20223