Bisul Di Kelamin

Bisul terjadi akibat infeksi kulit yang umumnya terjadi pada folikel rambut atau kelenjar minyak. Pada awalnya kulit akan tampak merah karena meradang, kemudian membengkak dan membentuk benjolan. Hal itu kemudian diikuti dengan timbulnya nanah sekitar 4-7 hari setelah infeksi terjadi. Awalnya bisul dapat terasa gatal, kemudian menjadi terasa nyeri dan mengganggu. Bisul kemaluan bisa tumbuh di bagian luar kemaluan, sekitar rambut kemaluan, atau pada wanita bisa tumbuh di bagian bibir vagina.

Sebagian besar bisul disebabkan oleh bakteri Staphylococcus. Bakteri ini umumnya masuk melalui luka kecil di kulit, yang seringkali tidak disadari keberadaannya. Bisul juga dapat disebabkan masuknya benda asing ke dalam kulit, atau kelenjar minyak yang tersumbat hingga menyebabkan infeksi. Gangguan pertumbuhan rambut, seperti pertumbuhan rambut ke dalam (ingrown hair) juga dapat memicu timbulnya bisul.

Penderita diabetes lebih memiliki risiko mengalami bisul. Hal itu karena penyakit diabetes, terutama yang kadar gula darahnya tidak terkontrol, dapat membuat daya tubuh lebih lemah sehingga sulit melawan berbagai penyebab infeksi, termasuk infeksi bakteri pada kulit.

Beberapa faktor risiko lain yang dapat memicu tumbuhnya bisul, termasuk bisul di kemaluan, antara lain: Masalah dengan sistem kekebalan tubuh Gizi buruk Kebersihan tubuh yang buruk Cara mencukur Paparan bahan kimia atau bahan pakaian yang dapat membuat kulit iritasi.

 

Punya Keluhan penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Phone/WA: 0811-6131-718

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar, Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 20223

Tinggalkan komentar